Tuesday, November 3, 2015

Sejarah Che Guevara Sang Revolusioner Kuba

Siapa yang tidak kenal dengan Ernesto ‘Che’ Guevara. Dia merupakan sebuah simbol pemberontakan dan revolusi rakyat diseluruh dunia. Che Guevara merupakan salah satu tokoh dunia yang sangat terkenal sekali, terutama di kalangan anak-anak muda. Namun tidak banyak orang yang mengetahui jalan hidupnya yang begitu penuh dengan perjuangan. Pemirsa beritaterbaru.id mari kita simak lebih lengkap sejarah che guevara sang revolusioner kuba

Masa muda Ernesto Che Guevara bisa dikatakan merupakan sebuah penjelajahan dan petualangan. Meski dia sebenarnya berasal dari keluarga kaya di Argentina dan sebagai seorang dokter, tetapi dia memilih untuk mengelilingi Amerika Latin demi mendapatkan jati diri yang sebenarnya. 

Ketika pria tersebut lulus dari Universitas Kedokteran, dia kemudian memutuskan untuk berpura-pura bekerja menangani kusta di Venezuela. Dalam perjalanan, Che Guevara melihat begitu pahitnya kesengsaraan rakyat Amerika Latin setiap hari. Kemudian muncul dalam benak pria tersebut 'apakah saya mampu mengatasi semua ini sebagai seorang dokter?

Sejarah Che Guevara Sang Revolusioner Kuba

Sejarah Che Guevara dimulai pertama kali pada tahun 1953, ketika terjadi sebuah kekacauan politik di Guetemala. Tepatnya mulai pada tahun 1950, ketika itu seorang militan terpilih menjadi priesiden dan memulai memerintah, dia adalah Jacobo Arbens. Presiden tersebut menetapkan hukum-hukum perburuhan, menaikan upah minimum, dan memperluas bidang lahan agraria. Akibatnya Amerika Seikat pun menjadi panik.

Tahun 1953, Arbens mengambil alih sektor lahan kosong yang cukup luas dari salah satu perusahaan di Amerika Serikat yakni United Fruit Company. Respon Amerika akan hal inipun cukup cepat, mereka langsung menyerbu Honduras. Untuk menghadangnya, Arbens membentuk sebuah pasukan invansi khusus.

Setelah kegagalan invansi tersebut, tepat pada 21 Juni pemerintahan Arbens ambruk. Lalu kemudian imperalisme AS melirik salah satu militan lagi untuk menduduki panggung pemerintahan, dia adalah Kolonel Monzon.

Aktivitas-aktivitas politik yang dilakukan Che di Guatemala ternyata mendapatkan perhatian dari anggota CIA. Kemudian pria tersebut kini dimasukan kedalam orang-orang komunis yang sangat berpengaruh dan berbahaya. Informasi mengenai hal tersebut kemudian dibocorkan kepada Che lewat kedutaan Argentina yang menawarkan perlindungan untuknya.
Foto Che Guevara dan Bung Karno


Kemudian Che memutuskan untuk pergi ke Mexico, disana pria tersebut bertemu dengan revolusioner yang tengah melarikan diri, dia adalah Fidel Castro dan Raul Castro. Pertemuan mereka inilah yang menjadikan revolusi dunia muncul. Tidak butuh waktu lama, mereka membuat sebuah perahu untuk menuju ke Kuba.

Di Kuba mereka diserang oleh tentara militan dari Fulgencio Batista, mereka adalah anak kesayangan AS di Havana. Membawa 82 tentara, pasukan Che dan Castro pun kalah. Lalu ketiga pria tersebut memutuskan untuk membentuk pertahanan di gunung Sierra Maestra.

Fidel Castro, Raul Castro, dan Che kemudian secara diam-diam membentuk pasukan yang beranggotakan rakyat dan para petani untuk melawan militer Batista. Perlawanan pertama pun gagal dan banyak sekali korban berjatuhan. Tetapi hal tersebut tidak membuat tokoh revolusioner tersebut putus asa.

Tepat pada 26 Juli, mereka kembali melakukan gerakan penyerangan ke para tentara tersebut. Hingga akhirnya penyerangan ini berhasil dan membuat mereka mundur. Meskipun berhasil, Batista berhasil membawa koper yang berisi uang  $ 7 juta dalam kopernya. 

Revolusi pun dimenangkan oleh rakyat dan golongan para petani dengan perjuangan tak pernah habis. Dalam hal ini Che Guevara berpesan kepada para rakyat, khususnya pemuda. Agar mereka mau mengubah revolusi negaranya apabila tidak sesuai dengan kebijakan umum. 

Foto Che Guevara dan Istrinya Aleida March

Fakta Unik Che Guevara 

Ernesto Che Guevara lahir pada 14 Juni 1928. Dia lebih dikenal dengan nama panggilan El Che atau Che. Lahir diantara keluarga berada, tidak membuatnya hidup bermewah-mewahan. Dia dibenci dan disukai banyak orang. Che terkenal sebagai seorang revolusioner, dokter, intelektual, pemimpin gerilya, diplomat, sekaligus militer. Akhir hidup pria legendaris ini ditembak mati oleh tentara musuh. Berikut kami jabarkan "8 fakta unik tentang Che Guevara" yang jarang diketahui oleh masyarakat luas.

1. Bukan sebuah nama yang keren
Bagi sebagian orang nama Che Guevara dianggap sebagai seorang penjuang kebebasan, namun bagian sebagian lagi menganggap nama tersebut merupakan sebuah ancaman pembunuhan. Nama asli pria tersebut adalah Ernesto Lynch.

2. Bau badan dan jorok
Meski berprofesi sebagai dokter, namun Che tidak seperti dokter pada umumnya. Jika biasanya dokter terlihat bersih dan wangi, tetapi Che malah sebaliknya. Sejak muda pria ini dijuluki dengan ‘Chanco’ (babi) karena jarang mandi. Bahkan menurut beberapa temannya, Che hanya berganti kaos oblong satu kali dalam seminggu.

3. Orangnya culun
Mendengar sejarah perjuangan dari Che Gevara mungkin sebagian besar menganggap orang ini adalah pemberani dan tegas. Namun sebenarnya itu tidaklah benar. Che sendiri termasuk seorang pria yang culun, suka puisi romantis, suka main catur, matematika, dan bahkan dia juga kutu buku.

4. Bukan orang Kuba
Perjuangan Che sebagai revolusioner di Kuba seakan mampu membuka mata dunia terhadap pemerintahan yang sewenang-wenang. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya Che sendiri bukan orang Kuba? Dia terlahir di Argentina dan besar sampai lulus kuliah disana, namun karena ia mendapatkan seruan suara dari dalam hati kemudian memutuskan untuk membantu rakyat di Kuba. Menariknya lagi, ketika Che berjuang di Kuba dia belum terdaftar menjadi warga negara disana sampai ajal menjemputnya.

5. Seorang dokter yang tertarik penyakit lepra
Che Guevara lahir pada tahun 1928 dan lulus sebagai sarjana kedokteran pada tahun 1953. Masyarakat Kuba tidak ada yang tahu bahwa ia adalah seorang dokter, yang mereka tahu Che merupakan militan yang cukup cerdik. Namun setelah Che menunjukan ketertarikan dengan penyakit lepra, akhirnya masyarakat Kuba mengetahui identitas dia yang sebenarnya.

6. Keliling Amerika
Meksi Che Guevara terlahir di keluarga yang berada dan kaya di Argentina, namun dia bukan lelaki yang mengandalkan kekayaan orang tua. Malahan Che memutuskan untuk mencari jati dirinya sendiri dengan berkeliling Amerika Serikat. Bahkan dia sering berpidato di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa, Kota New York.

7. Punya lima anak
Che Guevara mungkin sering kita anggap sebagai seorang diplomat yang cukup tegas dan galak, tetapi sebenarnya pria tersebut sangatlah penyayang sekali. Hal ini terbukti dengan kasih sayang kepada anak dan istrinya. Menurut catatan sejarah, Che memiliki 5 anak. Anak pertamanya putri yakni Hilda Gadea dari istri pertama, kemudian sisanya berasal dari istri keduanya yang bernama Aleida March.

8. Tangannya buntung
Setelah Che tertangkap dan dieksekusi, tangannya diamputasi oleh seorang dokter militer. Lalu tangan tersebut dikirim kepada orang tuanya di Argentina untuk keperluan sidik jari. Pemirsa beritaterbaru.id, Sejarah adalah milik penguasa, terkadang apa yang kita percaya pada saat ini suatu hari nanti, dimasa yang datang akan berubah fakta-faktanya. Setidaknya artikel profil dan sejarah singkat tentang Che Guevara sang revolusioner Kuba dapat menambah wawasan pengetahuan anda.

Foto Langka Kematian Che Guevara yang dirahasiakan ke Publik, namun sudah Terungkap



Fakta Unik Che Guevara

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Che Guevara Sang Revolusioner Kuba