Review Tentang Samsung Galaxy A5

Mengusung body berbahan metal, Samsung merilis ponsel pintar untuk pengguna kelas menengah yakni Samsung Galaxy A5. Smartphone ini pertama kali diperlihatkan oleh Samsung pada ajang CES 2015. Setelah sukses dengan ponsel berbahan premium sebelumnya yaitu Galaxy Alpha, Samsung kembali mengguncang pasar ponsel dengan mengeluarkan produk Samsung Galaxy A5 ke pasaran. 

Desain dengan bahan metal dan dengan ketebalan yang minim merupakan hal yang diunggulkan pada ponsel ini. Berikut ini adalah sedikit review tentang Samsung Galaxy A5 yang berhubungan dengan performa, body, dan juga fitur yang ditawarkan.

Berbicara tentang masalah body, Samsung Galaxy A5 memiliki desain yang elegan dengan bahan full metal. Ini membuat kesan mewah pada ponsel. Ponsel ini lebih berkesan lagi karena memiliki ketebalan yang hanya 6.7 mm dan memiliki berat yang hanya 123 gram saja. Selain itu, ponsel dengan layar 5 inci ini memiliki kualitas yang sangat baik. Layar berbahan Super AMOLED telah ditanamkan ke ponsel ini. 

Selain itu, resolusi yang didapatkan dari layar ponsel dapat mencapai kualitas HD atau 720 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 294 ppi. Dengan kerapatan piksel yang mencapai 294 ppi, maka sudah dipastikan tampilan pada layar akan lebih jernih dan tajam. Namun sayangnya tidak terdapat perlindungan pada layar ponsel ini seperti Gorilla Glass.

Review Tentang Samsung Galaxy A5

Jadi untuk ukuran ponsel kelas menengah, ponsel ini masih sangat rawan tergores atau mengalami keretakan pada layarnya. Untuk itu, pengguna perlu menggunakan lapisan tambahan seperti tempered glass untuk menjaga agar layar ponsel tidak tergores.
Masuk ke segi performa, ponsel "Samsung Galaxy A5" ini dibekali dengan prosesor gahar yaitu quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Ditambah lagi dengan performa dari chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang memiliki arsitektur 64 bit yang membuat performa semakin mumpuni. Untuk memenuhi kebutuhan user dalam pengolah grafis, Samsung telah menyediakan GPU Adreno 306. Tentunya dengan begitu aktifitas gaming dan multimedia akan semakin bagus karena menampilkan kualitas gambar yang lebih baik. 

Selain itu, multitasking pada ponsel Samsung Galaxy A5 akan semakin lancar dengan dibenamkannya Ram sebesar 2 GB. Membuka lebih dari 1 aplikasi menjadi lebih mudah dan pengguna tidak perlu khawatir ponsel akan menjadi lag atau bahkan tidak merespon. Dari semua performa tersebut, tidak lengkap rasanya jika tidak didukung dengan operating system yang memadai. 

Untuk itu, Samsung memberikan OS Android versi 4.4.4 Kitkat untuk mendukung performa ponsel agar semakin optimal. Dengan hadirnya OS Android Kitkat ini, performa Samsung Galaxy A5 akan semakin maksimal. Apalagi ditambah dengan berbagai fitur dari Kitkat yang memungkinkan performa ponsel semakin baik dan ringan.

Di sektor kamera, Samsung membekali A5 ini dengan kamera belakang 13 MP dengan berbagai fitur didalamnya seperti autofocus, LED flash, face detection, dan yang lainnya. Kualitas dari kamera utama ini tidak perlu diragukan karena dapat menghasilkan jepretan yang jernih dan kualitas gambar yang bagus. Selain itu, kamera utama ponsel ini mampu menghasilkan video dengan kualitas full HD 1080p dengan framerate mencapai 30 fps. 

Untuk kebutuhan selfie, Samsung menyertakan kamera depan 5 MP dengan fitur yang tak kalah baik dari kamera utama seperti face detection, autofocus, dan juga kualitas video yang dihasilkan.

Dengan adanya kamera yang cukup bagus ini, tentu akan kurang jika tidak didukung dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Guna melengkapi kebutuhan pengguna yang sering kali menyimpan berbagai file di gadget mereka, Samsung telah menyediakan memori internal ponsel sebesar 16 GB. Ukuran yang cukup besar untuk kapasitas penyimpanan internal. 

Review Samsung Galaxy A5

Namun jika masih belum cukup, pengguna dapat menambahkan kartu memori micro SD ke dalam ponsel yang mampu menampung hingga 64 GB. Dari berbagai fitur tersebut, tentunya ponsel akan membutuhkan daya yang cukup untuk menjalankan berbagai aktifitas. Samsung membenamkan baterai Li-Ion dengan kapasitas mencapai 2300 mAh pada ponsel A5. Namun pengguna tidak dapat dengan mudah melepas baterai ponsel karena baterai tertanam dalam body ponsel. Pengguna harus melepas baut jika ingin melepas baterai ponsel karena body A5 yang merupakan unibody.

Fitur lain dari ponsel A5 ini adalah konektivitasnya yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Hal ini berkat chipset yang terpasang pada ponsel yakni Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Seperti yang kita ketahui, jaringan 4G LTE merupakan jaringan penerus dari 3G yang memiliki kualitas lebih baik, lebih cepat, dan juga lebih stabil. Pengguna juga dapat memilih Samsung Galaxy A5 versi dual SIM karena A5 hadir dalam versi single SIM dan dual SIM.

Itulah sedikit review tentang Samsung Galaxy A5 yang dapat anda simak. Dari review tersebut dapat disimpulkan bahwa performa A5 yang ditawarkan tergolong bagus, desain ponsel yang mewah dan elegan. Namun ada sedikit kekurangan pada bagian layar ponsel yang masih memiliki resolusi 720p dan belum memiliki pelindung seperti Gorilla Glass. Harga yang ditawarkan oleh ponsel ini memang sedikit mahal karena A5 ditujukan untuk golongan menengah ke atas. 

Harga Samsung Galaxy A5 untuk unit baru adalah 4 jutaan. Banyak yang mengatakan bahwa harga tersebut tergolong mahal untuk spesifikasi yang ditawarkan oleh ponsel. Namun tentu saja pilihan tetap jatuh ke tangan pengguna karena dalam membeli, pengguna pasti akan membandingkan berbagai aspek dan juga fitur yang ditawarkan oleh ponsel. 

...