Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Turki

Permirsa beritaterbaru.id kita boleh melihat perbandingan kekuatan militer rusia dan turki namun kita semua tentu tak pernah berharap jika konflik yang terjadi pada Rusia dengan Turki dapat memicu timbulnya perang dunia ke 3. Sebab ketegangan yang terjadi di 2 negara ini sudah jelas akan melibatkan negara-negara lainnya untuk andil dan campur tangan. Contohnya Turki sebagai anggota NATO (North Atlantic Treaty Organization) pasti 27 negara lain yang tergabung dalam NATO termasuk Amerika Serikat akan membantu Turki. 

Tapi  Cina serta Korea Utara yang diketahui bersahabat dengan Negara Rusia pasti juga tidak tinggal diam ketika Negara sahabatnya itu diperangi. Pemirsa beritaterbaru.id saya akan memberikan sedikit ulasan tentang kekuatan militer Rusia dengan Turki, disini kita dapat melihat perbandingannya secara realistis data statistik dari perbekalan militer yang dimiliki oleh kedua Negara tersebut.  

Dan tentunya perang bukan hanya terjadi secara fisik atau baku hantam antar pasukan saja. Di dunia maya pun para Hacker dari Rusia dengan Hacker dari Turki pasti akan melakukan suatu boikot yang dikenal dengan Cyber Crime, perang lewat program internet yang akan meng hack/ memonopoli situs-situs dan website kedua Negara tersebut.  

Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Turki
Perbandingan kekuatan militer Rusia dengan Turki, bila melihat kenyataan dan perang dilakukan dengan Gentlement tanpa melibatkan campur tangan Negara-negara lain, secara Teori Militer Rusia menang telak melawan Militer Turki. Data ini didapatkan dari situs resmi Global Firepower (GFP) adalah sebuah situs yang menyediakan analisis kekuatan militer sebagian besar negara di dunia. 

Situs ini memberi informasi 100 negara dengan militer terkuat dengan basis 50 faktor berbeda. Faktor-faktor yang digunakan untuk menilai kekuatan militer sebuah negara ialah seperti jumlah penduduk, usia warga yang bisa menjadi personel militer, anggaran militer, jumlah peralatan militer, konsumsi BBM, utang luar negeri, dan banyak pengukur lainnya. 

Dalam Peringkat dunia Militer Amerika Serikat menduduki peringkat pertama, Rusia kedua, Cina ketiga dan Turki peringkat  10. Dan untuk perbandingan kekuatan militer Rusia VS Turki lebih jelasnya sebagai berikut:

"Daftar Peringkat Kekuatan Militer Rusia VS Turki"

Dana Pertahanan/ Anggaran Belanja Militer Per Tahun: 
Rusia (USD60.400.000.000), Turki (USD18.185.000.000).
Jumlah Total populasi orang di negara:
Rusia (142.470.272 jiwa), Turki (81.619.392 jiwa).
Personel militer aktif/ Jumlah Pasukan Tentara dari Semua Angkatan : 
Rusia (766.055 orang), Turki (410.500 orang).
Pesawat terbang: Rusia (3.429 unit), Turki (1.020 unit).
Helikopter: Rusia (1.120), Turki (443).
Helikopter tempur: Rusia (462 unit), Turki (59 unit).
Pesawat penyerang jenis fixed wing: Rusia (1.305 unit), Turki (223 unit).
Pesawat tempur (fighter aircraft): Rusia (769 unit), Turki (223 unit).
Kekuatan tank: Rusia (15.398), Turki (3.778).
Kapal induk: Rusia (1), Turki (0).
Kapal perang jenis frigates: Rusia (4), Turki (16).
Kapal perang jenis destroyers: Rusia (12), Turki (0).
Kapal Selam: Rusia (55), Turki (13).
Luas wilayah dekat perbatasan: Rusia (22.407 kilometer), Turki (2.816 kilometer).
Luas garis pantai: Rusia (37.653 kilometer), Turki (7.200 kilometer).
Luas daratan total: Rusia (17.098.242 kilometer), Turki (783.562 kilometer).

Kekuatan Militer Rusia dan Turki

Perang Cyber antara Hacker Rusia dengan Hacker Turki (Kelebihan Masing-masing)

Pemirsa beritaterbaru.id, Konflik yang terjadi antara Rusia dan Turki di dunia nyata bukan tak mungkin bakal meluas dan menjadi konflik di dunia maya yakni lintas internet. Hal ini tak berlebihan sebab , dedemit cyber atau hacker-hacker kedua negara tersebut memang terkenal 'galak' dan sama-sama hacker terhebat di dunia. Namun siapa lebih kuat diantara mereka?

Menurut  Alexander Gostev Chief Security Expert  Antivirus Kaspersky sekaligus pakar keamanan cyber dunia, Rusia dan Turki mempunyai penjahat cyber yang sama-sama sangat aktif, bahkan bisa dikategorikan ke dalam lima besar penjahat cyber yang paling aktif di seluruh dunia. Dalam daftar tersebut, menurut Gostev, ada juga nama Brasil dan China.

Kemudian pakar keamanan cyber dari Kaspersky ini pun berkata, ‘Itu tergantung dari jenis perang yang dilakukan oleh para hacker tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan keahlian khas yang berbeda.’ Dikatakannya, hacker Rusia sangat aktif dalam membuat malware.

‘Contohnya malware yang menyerang sektor perbankan, itu mayoritas dibuat oleh penjahat cyber dari Rusia,’ kita semua sudah tidak aneh mendengarnya ungkap Gostev. 


Di sisi lain, menurut Gostev, hacker asal Turki punya kelebihannya sendiri . Para hacker dari negara yang beribu kota di Ankara terkenal sangat rajin dalam melakukan deface. Yaitu meretas situs tertentu dan mengganti tampilannya sesuai keinginan si hacker, sebuah skill dan kemampuan yang sangat luar biasa dan unik.

‘Nah, jika mengukur kehebatannya dari jumlah situs yang bisa di-deface, pasti Turki yang menang,’ ucap Gostev sembari tertawa. Tapi ini menurut saya loh, mungkin berbeda perkiraan bila menurut pakar-pakar keamanan cyber lainnya, tambah Gostev. Pemirsa beritaterbaru.id betapa menakutkannya bukan permasalahan yang terjadi gara-gara konflik internal yang terjadi antara Rusia dengan Turki ini bisa menyerembet ke Negara-negara lainnya. 

Kita cukup tahu daftar perbandingan kekuatan militer rusia dan turki yang terbilang luar biasa, tapi jangan sampai itu semua menjadi penyebab timbulnya perang dunia ke 3 sehingga seluruh dunia pun bisa terkena imbas kedahsyatan dan kengeriannya.

...