Kisah Vietcong Lawan Ribuan Ular Berbisa Kiriman Tentara Amerika

Amerika di masa lalu pernah mengalami kekalahan saat berperang dengan Vietnam. Misi kegagalan ini memang selalu menjadi pertanyaan yang berbanding terbalik dengan Pernyataan Amerika sendiri yang mengklaim telah memenangkan pertempuran dengan gerilyawan-gerilyawan Vietcong.  

Pemirsa beritaterbaru.id ada kisah Vietcong lawan ribuan ular berbisa dari kiriman Tentara Amerika yang terbilang lucu dan unik saat para para gerilyawan-gerilyawan Vietcong ini bertahan hidup di terowongan  ajaib mereka. Kisah nyata fakta perang vietnam dengan amerika ini sendiri diceritakan oleh Kakek Taw, seorang pemandu wisata di Cu Chi Tunnels yang dulunya mantan pejuang Vietkong dan ikut bergerilya membela tanah air vietnam dari agresi Amerika Serikat.

Seperti yang kita tahu salah satu kunci kemenangan para pejuang Vietcong melawan tentara Amerika serikat saat berlangsungnya perang Vietnam adalah dengan menggunakan system terowongan bawah tanah yang  memiliki ukuran luar biasa,sepanjang ratusan kilo meter. Didalam terowongan itu mereka menyusun strategi dan bertahan dari serangan bom pasukan militer Amerika Serikat. 

Pasti terbesit dalam pikiran anda, kenapa tentara AS tidak masuk dan menyusuri terowongan tersebut?

Kisah Vietkong Lawan Ribuan Ular Berbisa

Sebab jaringan terowongan bawah tanah itu sengaja di desain sangat kecil sehingga para tentara AS yang rata-rata memiliki postur tubuh besar dan tinggi tidak bisa memasuki, ini memang menjadi fakta jika ukuran tubuh orang barat jauh lebih besar dibandingkan orang-orang Asia.  

Dan bila ada pasukan amerika yang mencoba memaksakan untuk masuk kedalam pintu terowongan, siap-siap menghadapi berbagai macam ranjau yang terbuat dari bambu tajam. Memang tentara AS tak mau kalah akal, mereka pun mencoba berbagai taktik muslihat agar gerilyawan-gerilyawan Vietcong terpaksa keluar dari terowongan tempat persembunyian mereka. Seperti cara berikut ini:

1. Mengirim Anjing untuk masuk kedalam terowongan

Tapi ternyata Vietcong punya trik unik dalam menghadapi serangan  Anjing militer milik AS. Mereka mengelabui anjing-anjing yang dilepaskan tersebut dengan cara mencampur tanah di mulut terowongan dengan merica. Bau merica yang tajam membuat anjing-anjing pelacak kehilangan daya penciuman. Dan mereka enggan untuk memasuki terowongan lebih jauh.

2. Memompa Jutaan gallon Air dari Sungai

Tentara Amerika juga pernah mencoba mengusir gerilyawan vietcong dari tempat persembunyiannya dengan cara memompa jutaan gallon air dari sungai mekong lalu dialirkan ke dalam terowongan. Ini semua ternyata bukanlah masalah, karena terowongan Cu Chi punya tiga tingkat. Air dialirkan melalui tingkat yang paling bawah kembali ke Sungai Mekong. 

Malah air membuat udara terowongan yang panas menjadi lebih sejuk. Dalam hal ini kami harus mengucapkan terima kasih pada Amerika, ungkap Taw sambil tertawa.

3. Menyemprotkan Gas Beracun

Setelah mengalami kegagalan beruntun, beberapa waktu kemudian Tentara AS menyemprotkan gas beracun untuk membunuh gerilyawan dalam terowongan. Anehnya, dengan cara yang terbilang mirip, serangan itu pun bisa dimentalkan.

Dan serangan paling sadis bin mengerikan yang dilakukan AS ketika membuang ribuan ular berbisa dan ribuan kalajengking ke dalam terowongan. Tentara AS yakin binatang berbisa ini akan membunuh banyak gerilyawan. Dengan penuh percaya diri, para pasukan ini tertawa keras menyangka musuh-musuhnya akan mati dipatuk kalajenking atapun digigit ular.

Tapi tak pernah ada yang menyangka. Ular-ular itu dan kalajengking berbisa itu malah jadi santapan bagi tentara Vietcong. Sejak jaman nenek moyang kami, para gerilyawan Vietcong dikenal hebat menangkap ular dengan tangan kosong. Itulah sebabnya kami malah memburu ular kiriman AS itu untuk dimakan.

fakta perang vietnam dengan amerika
Selama di dalam terowongan, makanan sangat terbatas, banyak gerilyawan kurang gizi dan menahan lapar,sementara kami tidak bisa keluar dari tempat persembunyian. Ular dan kalajengking akhirnya malah menjadi makanan lezat dan menambah gizi kami sehingga kami semakin kuat dan sehat. Sekali lagi kami harus ucapkan terima kasih pada tentara Amerika,  yang telah memberikan fasilitas gratis kepada kami, kata Taw sambil tertawa. 

Pemirsa beritaterbaru.id luar biasa bukan "kisah vietcong lawan ribuan ular berbisa" ini. Kita memang harus mengakui Negara Vietnam sulit untuk ditaklukkan begitu hebatnya perjuangan dari rakyatnya terutama para gerilyawan-gerilyawan Vietcong. Mereka rela mengorbankan dirinya demi membela tanah air, mirip seperti neneng moyang kita saat melawan penjajahan Belanda dan Jepang, tanpa pamrih mereka rela berkorban demi masa depan anak cucunya nanti.

...