Friday, October 16, 2015

5 Tempat Wisata Paling Seru di Yogyakarta

Anda seorang penyuka traveler? Jika iya sempatkanlah untuk liburan akhir tahun 2015 ini bersama keluarga atau pacar anda untuk jalan-jalan ke tempat wisata paling seru di Yogyakarta. Dijamin tempat ini anti mainstream seperti tempat-tempat wisata lainnya. Anda akan diajak berpetualang ekstrim serta menegangkan yang mungkin anda belum pernah mencobanya. Dimulai dari seru-seruan Sand Boarding yang berada di Kota Bantul sampai Driver mobil Jeep yang akan meningkatkan adrenalin anda di Lava Tour Merapi desa Sleman. Berita selengkapnya, simak 5 tempat wisata paling seru dan ekstrim di Yogyakarta berikut ini:

1. Sand Boarding, Bantul

5 Tempat Wisata Paling Seru di Yogyakarta

Sudah tahukah anda bila di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki hamparan padang pasir bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Panoramanya, seperti padang pasir di negara-negara Timur Tengah.  Di sanalah, terdapat tempat wisata paling seru yang memacu adrenalin yakni sand boarding. Dari ketinggian 7 meter, siap-siap melesat ke bawah dengan papan seluncur. Wush...

Usahakan badan tetap seimbang agar kamu bisa meluncur dengan mulus. Keberanian kamu benar-benar diuji, sanggup tidak meluncur ke bawah tanpa terjatuh. Bagi mereka yang sudah mahir, pasti bikin kamu iri. Lihatlah, mereka dengan lihai menggerakan papan seluncurnya bahkan bisa bergaya dengan sesekali melompat. Keren!

Ada banyak tur operator yang menjual paket sand boarding ini, seperti jogjadventuretrip, The Jogja Holiday dan masih banyak lagi. Rata-rata, harga sewa papan seluncurnya Rp 200 ribu dan sudah termasuk helm dan pelindung badan lainnya.
2. Wisata Seru di Paralayang Bukit Gupi, Gunungkidul


Mau merasakan terbang di atas Pantai Parangtertitis? Mari sekarang kita ke Bukit Gupi. Di sinilah tempatnya orang-orang yang gemar paralayang berkumpul, sekaligus juga menawarkan paket kepada wisatawan. Bukit Gupi masuk dalam wilayah Desa Giricahyo, Gunungkidul. Dari Pantai Parangtritis, kamu masih harus jalan lagi ke arah timur atau menuju Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang merupakan jalan penghubung antara jalan Bantul ke Gunungkidul.

Dari atas Bukit Gupi, terlihat perbukitan-perbukitan berwarna hijau di sekelilingnya. Sedangkan di depannya, ada Pantai Parangteritis dan lautan biru luas. Siapkan mental, mari kita terbang! Kamu akan terbawa angin, dengan ketinggian ribuan meter dari atas tanah. Rasakan sensasinya, terbang di atas Pantai Parangteritis dan nantinya kamu juga bakal mendarat di pantainya. Biasanya, harga untuk main paralayang di sana dari Rp 200 ribuan. Jangan buru-buru pulang, sunset dari atas Bukit Gupi menjadi penutup hari spesial kamu setelah puas terbang di atas langit.

3. Lava Tour Merapi, Sleman


Mari kita ke kawasan Kaliurang, Sleman untuk mencoba wisata ekstrim menegangkan di sana. Saatnya naik mobil jeep offroad yang jalanannya berundak-undak dan dipenuhi pasir untuk menelusuri kawasan Merapi yang diluluhlantahkan oleh lava lima tahun silam. Driver jeep akan mengajak kamu bertualang melewati sungai dan jalanan yang tidak mulus. Badan bakal terguncang di atas mobil jeep offroad yang melaju kencang. Brum...

Kawasan di sekitar Merapi yang penuh kerikil, bebatuan dan pasir jadi lokasi yang paling dinanti. Adrenalin akan berdetak kencang kala melewati tanjakan dan turunan. Guncangannya makin hebat, perut berasa diaduk-aduk. Siap-siap pegangan! Selain untuk bersenang-senang sekaligus memacu adrenalin, Lava Tour Merapi juga akan memberikan pemahaman dan gambaran Gunung Merapi. Terutama, kala tahun 2010 silam yang mana letusan Merapi menghabiskan semua pemukiman warga setempat.

Ada banyak tur operator yang menawarkan Lava Tour Merapi ini, di antaranya seperti Jeep Wisata Tlogo Putri Merapi, Jeep Wisata Merapi (JWM), Wisata Merapi Lava Tour, Jeep Merapi dan masih banyak lagi.

Paket yang ditawarkan pun beragam, bisa setengah hari atau seharian penuh. Harganya pun beragam, dari Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu lebih. Pengalaman naik mobil jeep offroad menjelajahi Merapi, harus dicoba sekali seumur hidup.

4. Wisata Ekstrim Panjat tebing di Pantai Siung, Gunungkidul


Pantai Siung bukan sembarang pantai. Pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini punya hamparan tebing yang jadi arena bermain para pemanjat tebing. Punya nyali, ayo coba! Pantai Siung memiliki 45 jalur pendakian dengan kesulitan yang berbeda-beda. Rata-rata, tinggi tebingnya 15 meter dengan batuan yang berjenis kapus.

Tangan harus kuat untuk bisa mengangkat beban badan. Kaki pun jangan sembarang berpijak, agar tidak tergelincir. Semakin tinggi kamu memanjat, jantung akan semakin kencang berdetak.

Tapi asyiknya, panjat tebing di Pantai Siung menawarkan panorama eksotis. Pantai berpasir putih dan lautan biru jernih di sana, terlihat dari atas tebing. Semacam 'pelepas dahaga', dari sulitnya menaklukan tebing-tebing di sana. Ada banyak tur operator yang menawarkan paket panjat tebing di Pantai Siung ini seperti jogjadventuretrip, Asoka Tour dan Yunika Tour yang mana semuanya berada di Kota Yogyakarta. Harga paket panjat tebingnya mulai Rp 200-an ribu.
5. Gua Jomblang, Gunungkidul

Tempat Wisata Paling Seru Yogyakarta

Apa rasanya turun ke dasar gua dari ketinggian 70 meter dengan menggunakan tali? Belum lagi, suasana yang gelap dan udara yang lembab pun bakal lebih membuat deg-degan. Selamat datang di Gua Jomblang, Gunungkidul!

Bagi wisatawan yang suka main-main ke gua, nama Gua Jomblang pasti tidak asing di telinga. Inilah gua yang dikenal menantang karena masuk ke dalamnya tidak biasa.

'Turun ke dasar gua itu, dengan tali sepanjang 70 meter. Tenang saja, kami mengemasnya dengan aman dan terdapat pemandu. Tapi tetap, kesan adventure-nya tidak hilang,' ujar Cahyo Alkantana, pengelola Gua Jomblang.

Untuk melakukan itu, tentu kamu harus memakai peralatan lengkap seperti harness, chest harness, ascender, auto descender, jammer, footloop, carabiner, serta cowstail panjang dan pendek. 15 Meter pertama berupa lereng yang masih bisa dipijak. Tapi setelah itu, untuk sampai di dasar gua, pengunjung harus turun tali sekitar 20 meter. Ini cukup menakutkan, apalagi bagi para pemula!

Di dasar Gua Jomblang, petualangan belum selesai. Kamu bisa menyusuri hutan purba yang mana pepohonannya tidak ada di tempat lain. Belum lagi, menelusuri sungai bawah tanah di kedalaman 125 meter dan melihat cahaya surga yang terkenal.

'Untuk paketnya, bisa didapatkan di agen-agen wisata di Yogyakarta. Harganya mulai Rp 450 ribu yang sudah termasuk pemandu dan peralatan. Satu hari, kami batasi 40 orang saja yang boleh masuk karena demi menjaga ekosistemnya,' kata Cahyo.

Pemirsa beritaterbaru.id, sangat menarik bukan? 5 tempat wisata terkenal paling seru dan esktrim di Yogyakarta ini. Tunggu apalagi segera buat jadwal liburan anda untuk akhir tahun 2015 ini, pergi bersama keluarga dan lupakanlah sejenak kepenatan di kantor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tempat Wisata Paling Seru di Yogyakarta