Tuesday, October 20, 2015

11 Tempat Wisata Paling Seru Di Kulon Progo

Tahukah anda hampir disetiap wilayah kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki tempat-tempat wisata yang menarik dimana selalu menjadi tujuan para wisatawan ketika datangnya liburan akhir pekan. Salah satu contohnya adalah Kulon Progo yang terkenal dengan panorama indah bukit Menoreh berlokasi dibagian barat DIY Yogyakarta dan bersebelahan dengan batas wilayah Magelang. 

Apakah anda sudah pernah mengunjungi tempat wisata yang terdapat di kabupaten Kulon Progo? Jika belum saya akan memberikan daftar referensi  11 tempat wisata liburan paling seru di Kulon Progo.

1. Air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo

Seperti yang kita tahu Air terjun Grogogan Sewu sangat dikenal letaknya di daerah Tawangmangu, Jawa Tengah padahal di Kulon Progo juga memiliki air terjun dengan nama yang sama persis. Hanya bedanya air terjun grojogan sewu yang terdapat di Kulon Progo ini tebingnya tidaklah setinggi di Tawangmangu. Tapi untuk suasana panorama tak kalah kerena dan menariknya dengan di Tawangmangu.  

Tahukah anda asal mula air terjun ini dinamakan Grojogan Sewu? Sebab dari jaman dahulu sampai dengan sekarang air terjun ini banyak sekali ditumbuhi jeram. Air akan bermuara dan mengalir melewati jeram-jeram tersebut sebelum jatuh ke bawah kolam alami (waduk) yang persis terletak dibawahnya.Wow coba Rasakan sendiri deh kalau tidakpercaya, airnya begitu segar dan bersih. 

11 Tempat Wisata Paling Seru Di Kulon Progo
Foto Air Terjun Grojogan Sewu dan Kalibiru
2. Kalibiru, Waduk Sermo

Pada sekitar akhir tahun 2014 sampai dengan 2015 saat ini, kalibiru menjadi tempat wisata paling populer di kawasan  Kulon Progo. Para wisatawan baik domestic maupun pendatang rata-rata mengagumi kecantikan panorama pemandangan yang ada ditempat ini. 

Yaitu pemandangan indah bukit menoreh, kita seaakan terbawa di kehidupan masa lalu yang masih segar dan tanpa asap polusi dengan panorama hijau membentang ditambah keberadaan sebuah titik air diantara belantara bukit, itulah letak Waduk Sermo yang juga menjadi salah satu andalan tempat wisata disini. 

Dan bagi anda yang menyukai seni fotografi tempat ini sangat pas sekali. Sebab disana disediakan banyak tempat duduk yang persis berada dibawah pohon lebat. Tentunya akan menambah kesejukan sambil memandangi keindahan tempat ini.
3. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yang terdapat di Kulon Progo Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan pemandangannya yang indah serta adanya beberapa pertapan yang bersejarah. Dari puncak Suroloyo ini anda dapat melihat Candi Borobudur dari atas bukit. Di Puncak Suroloyo di Kulon Progo ini terdapat 3 buat pertapaan yaitu Pertapaan Suroloyo, Pertapan Sariloyo dan Pertapan Kaendran. 

Keberadaan Puncak Suroloyo ini tak lepas dari sebuah kisah yang menyyelimutinya. Kisah ini beraal dari tulisan Ngabehi Yosodipuro dalam kitabnya Cabolek. Dalam kisah ini mengisahkan Mas Rangsang yang merupakan putra mahkota Kerajaan Mataram Islam yang menerima wangsit apabila ingin menguasai Tanah Jawa maka dirinya harus mau menempuh perjalanan dari KEraton Mataram ke arah barat sejauh 40 km. 

Dalam perjalannya tersebut Raden as Rangsang sampai di Perbukitan Menoreh. Karena kelelahan beliau pingsan di suatu tempat di puncak Bukit Menoreh. Dalam pingsannya Raden Mas Rangsang menerima wangsit lagi agar melakukan tapa atau semedi di tempat ia pingsan tersebut. Tempat pingsan ini berada di Puncak Suralaya yang kemudian dibangun pertapan ini. Sedangkan Raden Mas Rangsang sendiri di kemudian hari menjadi Raja Mataram dan diberi gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. 

Dalam masa pemerintahannya Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaan. Sayangnya, kondisi gardu pandang tersebut kini memprihatinkan dengan banyaknya coretan-coretan vandal oleh pengunjung pengecut yang tak bertanggung jawab.

Foto Puncak Suroloyo dan Pantai Glagah
4. Wisata Bahari di Pantai Glagah

Salah satu tempat wisata paling seru di Kulon Progo kita juga bisa menemukan beberapa wisata bahari pantai. Salah satunya adalah Pantai Glagah. Pantai ini adalah yang paling terkenal di Kulon Progo. Ciri khas pantai ini adalah keberadaan tetrapod yang berfungsi untuk mencegah abrasi pantai. Dari tumpukan tetrapod inilah biasanya para pemancing melaksanakan hobinya

Seperti pada umumnya Pantai Selatan di Pantai Glagah juga memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga berenang di pantai ini sangat tidak disarankan. Untuk mendapatkan suasana dan pemandangan yang maksimal, sore hari menjadi waktu yang paling tepat untuk datang ke pantai. Pemandangan sunset di pantai ini cukup indah dan merupakan objek menarik bagi para penggemar fotografi.

5. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo  merupakan salah satu Desa Wisata di Jogja yang sangat disarankan untuk dikunjungi. Desa wisata ini terkenal dengan perkebunan tehnya. Sebagaimana perkebunan teh pada umumnya, kita akan disuguhi pemandangan hijau tak terbatas yang sangat menyejukkan mata di Kebun Teh Nglinggo. Perkebunan teh ini berada pada ketinggian sekitar 800 mdpl

Selain perkebunan teh, ada satu tempat menarik lain yang berada di desa Nglinggo yakni sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Curug Watu Jonggol. Lokasi desa Wisata Nglinggo ini tidak terlalu jauh dengan Puncak Suroloyo. Keduanya sama-sama berada di wilayah kecamatan Samigaluh, Kulon Progo

Foto Desa Wisata Nglinggo dan Air Terjun Sidoharjo
6. Air Terjun Sidoharjo

Kembali ke wisata air terjun. Ada satu lagi sebuah air terjun yang bisa kita jelajahi di Kulon Progo. Namanya adalah Air Terjun Sidoharjo. Lokasi air terjun ini berada di Sidoharjo, kecamatan, Samigaluh. Air terjun ini mampu menghadirkan ketenangan untuk pikiran yang sedang penat

Tidak banyak yang tahu tentang keberadaan air terjun ini sehingga suasana di sana cenderung sepi. Justru itulah yang menjadikan tempat ini menjadi menarik untuk dikunjungi. Terutama untuk kamu yang mencari tempat untuk menenangkan diri. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 meter

7. Waduk Sermo

Inilah titik air yang bisa kita lihat dari Kalibiru yakni Waduk Sermo. Waduk Sermo tidak jauh berbeda dengan waduk-waduk pada umumnya. Selain berfungsi untuk irigasi waduk ini juga digunakan sebagai area wisata. Yang menarik dari waduk ini adalah pemandangan di sekitarnya yang terlihat sangat indah karna dikelilingi oleh Bukit Menoreh

Untuk berkeliling waduk, kita bisa menyewa perahu wisata yang siap mengantarkan kita menjelajahi setiap sudut waduk yang berlatar pemandangan hijau Bukit Menoreh. Waduk ini juga terkenal memiliki pemandangan senja yang sangat indah dan istimewa.

Foto Waduk Sermo dan Gua Kidang Kencana
8. Gua Kidang Kencana

Selain Gua Kiskendo, ada satu lagi gua menarik yang bisa kunjungi di Kulon Progo. Namanya adalah Gua Kidang Kencana. Jika kamu penggemar caving, gua ini bisa kamu jadikan alternatif penjelajahan selain gua-gua yang ada di Bantul dan Gunung Kidul

Gua Kidang Kencana menghadirkan pengalaman caving yang cukup mengesankan. Lorong gua yang panjangnya sekitar 350 meter serta pemandangan yang ada di dalamnya cukup untuk membuat kita merasa terkesan
9. Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta, Wildlife Rescue Center

Dulu tempat ini dikenal dengan nama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta namun kini sudah berganti nama menjadi Wildlife Rescue Center. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan pusat rehabilitasi satwa-satwa liar

Wildlife Rescue Center menempati area seluas 13 hektare. Kebanyakan binatang yang menempati lembaga konservasi ini adalah orang utan. Di tempat ini ada sebuah dome berdiameter 125 meter yang khusus untuk menampung orang utan. Ada sekitar 200 orang utan yang menempati dome tersebut. Berkunjung ke Wildlife Rescue Center kita tidak hanya akan mendapatkan pengalaman baru namun juga sekaligus ilmu baru

10. Gardu Pandang Gunung Gajah

Tempat wisata menarik kulon progo lainnya yang bisa kita kunjungi di kabupaten Kulon Progo adalah Gunung Gajah. Dinamakan demikian karna bentuk bukitnya menyerupai kepala gajah. Di sana ada dua buah gardu pandang sederhana yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan

Panorama alam yang ada di Gardu Pandang Gunung Gajah ini tidak jauh berbeda dengan Kalibiru. Yakni, hijaunya Bukit menoreh serta Waduk Sermo yang terlihat sangat mungil dari ketinggian. Bedanya, kita tidak harus naik ke atas pohon untuk menikmati pemandangan tersebut.

Tempat Wisata Menarik Kulon Progo
Foto Goa Kiskendo dan Gardu Pandang Gunung Gajah
11. Goa Kiskendo

Sekedar mengetahui, Goa Kiskendo berada di wilayah Kulon Progo dan merupakan sebuah gua kapur yang paling terkenal di Kulon Progo. Di gua yang sangat terkenal ini kita bisa melihat pemandangan dalam goa, terutama stalakmit atau batu-batu granit tajam diatas tebing.

Konon menurutcerita  legenda yang beredar, gua ini dulu merupakan tempat tinggal dua raksasa bernama Mahesasura dan Lembusura.  Kedua raksasa tersebut meninggal akibat dibunuh Sugriwa. Sebuah stalakmit berukuran cukup besar akan kita jumpai saat memasuki gua ini. Bentuknya seperti sebuah lidah raksasa. Stalakmit tersebut dipercaya sebagai lidah dari dua makhluk raksasa Mahesasura dan Lembusura  yang dulu pernah tinggal di sana.  

Bagaimana pemirsa beritaterbaru.id, tertarik untuk pergi berlibur ke 11 tempat wisata paling seru dan menarik di Kulon Progo ini bersama dengan keluarga tercinta anda atau khusus anda yang masih single dan belum menikah boleh mengajak kekasih anda tapi harus sertakan papah mamah mertua yah. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Tempat Wisata Paling Seru Di Kulon Progo