6 Tempat Wisata Menarik di Makassar, Sulawesi Selatan

Apa yang dibanggakan oleh dunia dari Indonesia, negeri kita tercinta ini adalah penuh keanekaragaman adat istiadat budaya dan salah satu kebanggaan yang kita miliki bahwa setiap jengkal daerah kawasan Indonesia selalu memiliki tempat wisata yang unik dan istimewa. Salah satunya berada di Makassar (Ujung Pandang) sebagai ibu kota Sulawesi Selatan. Namun tahukah anda destinasi/tujuan tempat-tempat wisata yang selalu dijadikan liburan akhir pekan bagi masyarakat asli Makassar?

Pemirsa beritaterbaru.id inilah 6 tempat wisata menarik di Makassar yang selalu menjadi tujuan para traveling baik turis domestik maupun turis mancanegara. Berjalan-jalan ke tempat ini biayanya sangatlah murah dan terjangkau, bahkan beberapa tempat wisata diantaranya ada yang gratis. Jika anda berencana ingin berlibur diakhir tahun 2015 bersama dengan keluarga tercinta anda, siapa tahu ke 6 tempat wisata ini bisa dijadikan referensi.

1. Pulau Samalona, Pantai Pasir Putih dengan Keindahan Warna Lautnya

Pulau Samalona yang memiliki pantai berpasir putih dengan lautnya yang berwarna biru jernih adalah menjadi salah satu tujuan liburan bagi warga asli Makassar. Untuk menempuh perjalanan ke pulau Samalona anda cukup menghabiskan waktu 40 menit dimulai dari dermaga di dekat Pantai Losari, atau juga bisa dari dermaga di dekat Benteng Fort Rotterdam. Namun anda harus pintar-pintar untuk menyewa kapal yang berlabuh di dermaga kecil, agar dipastikan dapat harga yang murah sekitar Rp 350 ribu untuk perjalanan pergi dan pulang.


Meski ukuran Pulau Samalona dapat dikatakan cukup kecil dan tidak sampai satu jam untuk mengitari pulau ini yang terdapat banyak sekali terumbu karang di sana. Jadi jika anda jadi pergi mengunjungi Pulau Samalona, disarankan untuk menghabiskan waktu di tepian pantai yang berpasir putih. Ada banyak juga turis-turis asing yang berjemur dan berenang di tepian pantainya. Dan jangan lupakan untuk berfoto selfie ditempat ini sangatlah seru dan menarik dengan pemandangan backgroundnya yang sangat unik.

2. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke juga menjadi tempat wisata menarik di Makassar selain Pulau Samalona meskipun sama-sama sebagai tempat wisata bahari. Apa yang membuat berbeda dengan Pulau Kodingareng Keke? Yaitu pulau ini terkenal dengan suasana kenyamanannya karena sepi serta air lautnya yang jernih membuat kita betah dan terbuai. Pulau ini tak berpenghuni meskipun terletak tidak jauh di lepas pantai Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Inilah destinasi yang tepat untuk berakhir pekan dengan tenang.  


Untuk perjalanan ke Pulau Kodingareng Keke ini bisa ditempuh hanya sekitar 25 menit dari Pulau Samalona. Tapi awas! Ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi selama di berada di sana untuk menjaga keindahannya. Dan ada banyak biota laut menarik yang bisa dilihat di pantai, namun anda harus lebih berhati-hati menjaga keluarga anda sebab terdapat banyak hewan bulu babi. Bagaikan pulau tak bertuan, meski tak berpenghuni, nelayan kerap mampir ke pulau ini. Di sini kita bisa ngobrol dengan para nelayan, berbagi cerita bahkan makan tedong atau keong laut bersama-sama dengan mereka. 
3. Pantai Losari Kota Makassar

Nah kalau tempat yang satu ini paling Populer di kota Makassar. Siapa yang tak mengenal tempat wisata pantai Losari. Para wisatawan domestik maupun luar negeri rata-rata kagum dengan kerapihan Pantai Losari dan plang nama yang unik untuk berfoto-foto selfie. Akan tetapi bagi warga Makassar, Pantai Losari sudah terlalu mainstream alias biasa sekali. Meski begitu, hebatnya Pantai Losari tetap menjadi pilihan andalan bagi warga Makassar untuk menikmati suasana akhir pekan terutama di hari Sabtu dan Minggu sore. 


Dan saat berkunjung ketempat ini, jangan sampai anda lewatkan Masjid Amirul Mukminin yang terapung di salah satu sudut Pantai Losari. Biasanya menjelang senja, para pengunjung kemudian berburu wisata kuliner di sekitar kawasan ini. Memang harus diakui, Pantai Losari memang tidak pernah membosankan meskipun sudah berkali-kali mengunjungi tempat tersebut.

4. Tempat Wisata Terkenal Bantaeng

Oke, setelah memulai dari yang paling mainstream seperti Pantai Losari, kita sekarang sungguhan mengulas destinasi wisata akhir pekan pilihan warga Makassar. Mereka pergi liburan ke Bantaeng! Bantaeng adalah kabupaten yang berjarak 2 jam perjalanan dari Makassar ke arah selatan. Tahukah anda? Sejak dibenahi tahun 2014 silam, Bantaeng menjadi destinasi paling hits untuk liburan akhir pekan warga Makassar. 


Lucu memang, ketika turis dari Jakarta atau Surabaya membanjiri Makassar, orang Makassar malah ke Bantaeng. Jadi, penting sekali bagi Anda untuk perlu mendatangi tempat wisata Bantaeng. Objek wisata yang terkenal menarik di Bantaeng adalah Pantai Seruni, Pantai Marina Korong Batu, kolam renang Be'lang, Waduk Cekdam Balangsikuyu dan agrowisata apel dan strawberi, hem sulit rasanya menilai mana yang paling bagus diantara semua pilihan itu.

5. Malino

Fakta bahwa Makassar sebagai kota yang berhawa panas karena wilayahnya berada di tepi laut. Lalu kemanakah warga asli Makassar menghabiskan liburan akhir pekan di tempat sejuk dan dingin? Jawabannya adalah Malino.


Bila di Jawa Barat ada kawasan Puncak Pass di Bogor, maka di Sulawesi Selatan ada Malino. Tak hanya sejuk, pemandangan alam di Malino sungguh sangat memanjakan mata. Dahsyat dan bikin betah untuk berakhir pekan. Tahukah anda? Malino adalah sebuah dataran tinggi di Kecamatan Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan, jaraknya 90 kilometer dari Makassar. Suasana Malino memang berbeda dari destinasi lainnya yang ada di Makassar. Kalau selama ini Makassar terkenal dengan pulau, bahari, dan pantai, Malino akan menyuguhkan panorama berbeda untuk wisatawan.

Selain hal tersebut Malino diketahui mempunyai banyak tujuan wisata antara lain kebun teh Nittoh, kebun strawberry, Air Terjun Seribu Tangga dan Takapala. Dan bagi anda terutama pecinta hiking alias  suka mendaki, di Malino juga terdapat kawasan Gunung Bawakaraeng yang menjadi ciri khas Malino, keren loh tempatnya  serasa menyatu dengan alam.

6. Trans Studio Makassar

Ingat yah ini bukanlah Trans TV melainkan Trans Studio. Tempat rekreasi indoor ini juga menjadi destinasi akhir pekan liburan jadi bagi warga disana rasanya tidak sempurna bila belum pernah bermain ke taman rekreasi.  Diketahui bahwa Trans Studio Makassar sudah hadir selama 6 tahun dan menghadirkan suasana seru untuk liburan akhir pekan bagi warga Makassar dan warga pendatang yang tinggal di sekitarnya. 

Tempat Wisata Menarik di Makassar

Namun wisatawan dari berbagai wilayah Indonesia yang datang ke Makassar juga tidak boleh melewatkan kunjungan ke Trans Studio Makassar, termasuk juga anda. Sebab banyak terdapat wahana seru dan menegangkan di beberapa zona permainan yang ada di sana. Nah pemirsa beritaterbaru.id tunggu apalagi segera siapkan waktu luang anda agar dapat mengunjungi 6 tempat wisata menarik di Makassar di akhir liburan 2015 ini. Semoga artikel yang saya berikan dapat bermanfaat untuk anda sebagai referensi, salam super dan selamat berakhir pekan.

...