Ternyata Sepatu High Heels Awalnya Dipakai Pria

Tahukah anda ternyata sepatu high heels awalnya dipakai pria. Seperti yang kita tahu bahwa pada dasarnya sepatu wanita ini terdiri dari 2 jenis yaitu sepatu ber hak datar (flat shoes) dan sepatu yang memiliki hak tinggi atau lebih dikenal dengan nama high heels. Yang membuat penampilan lebih berbeda dan semakin menarik ketika wanita memakai High heels adalah dikarenakan sepatu ini bisa membuat confidance seorang perempuan menjadi lebih baik atau dapat di asumsikan secara asosiasif membuat penampilan menjadi terlihat lebih anggun dan 'Seksi'. Baiklah, kembali ke sejarah sepatu high heels pertama kali dipakai dan dipopulerkan oleh pria. 

Sebagai salah satu item fashion milik wanita. Sepatu jenis ini sering digunakan untuk memberi kesan tinggi dan memperbaiki postur yang dimiliki oleh wanita. Tetapi tahukah Anda bahwa sepatu ini dahulu digunakan oleh tentara untuk berperang?

Ternyata Sepatu High Heels Awalnya Dipakai Pria

Jadi, diketahui bahwa sepatu High heels sudah ada sejak abad ke-16. Sepatu ini pada masa itu digunakan oleh prajurit persia yang mengendarai kuda. High heels ini digunakan untuk mempertahankan kestabilan kaki prajurit ketika menginjak sanggurdi pada kuda. Dengan kaki yang terkunci itu, maka prajurit dapat membidik panah mereka secara lebih jitu. Namun ketika pada masa itu high heels sebatas digunakan untuk prajurit yang berperang dan duduk di atas kuda. Sepatu ini tidak dimaksudkan untuk digunakan berjalan sehari-hari. Penggunaan high heels pada prajurit berkuda ini membuat Persia menjadi kerajaan yang diperhitungkan dan mampu memenangkan banyak perang dengan pasukan berkuda yang dimilikinya.

Sepatu High Heels pertama kali populer dan mulai mulai berkembang sebagai bagian pakaian sehari-hari pada abad ke-17. Ketika itu budaya dari Persia melalui kerajaan Ottoman muai berkembang di Eropa dan menjadi pakaian bagi pria dari kalangan sosial yang tinggi. Ya, Anda tidak salah baca, pada awalnya high heels memang sepatu yang digunakan oleh pria. Di masa-masa tersebut banyak bangsawan-bangsawan  yang suka menggunakan high heels karena membuat mereka terlihat lebih tinggi. Ketika itu tubuh tinggi memberikan perasaan dominan bagi mereka terhadap orang lain. Selain itu bangsawan juga menggunakan high heels karena mereka suka untuk berkuda, dan sepatu ini membantu mereka agar tidak terjatuh.

sejarah sepatu high heels

Penggunaan high heels mulai berubah ketika di Italia sepatu ini menjadi simbol bagi wanita penghibur di sana. Pada masa itu, banyak wanita penghibur yang menggunakan sepatu ini sebagai pembeda mereka dengan wanita lainnya. Pada masa itu, banyak pria pengguna high heels mulai berkurang karena penggunaan sepatu itu oleh kalangan wanita penghibur. Tetapi pada abad ke-18, Raja Louis XIV dari Prancis menjadikan high heels sebagai sebuah simbol yang dekat dengan kekuasaan raja. Ciri khas high heels dengan sol berwarna merah hanya boleh dikenakan oleh dia beserta beberapa orang terdekatnya saja. Mereka yang menggunakan sol merah tanpa persetujuan raja bisa mendapat hukuman. Baca juga Sejarah Fashion Harajuku Style di Jepang.

Perubahan terjadi sejak peristiwa revolusi Prancis. High heels menjadi sepatu yang dilupakan dan tidak disukai karena dekat dengan simbol kerajaan. Selain itu sepatu yang biasa digunakan pada masa itu adalah sepatu dengan permukaan datar sebagai penanda kesamaan status sosial. Pemakaian sepatu High heels baru digemari dan digunakan oleh wanita pada akhir abad ke-19. Pada saat itu baru disadari bahwa high heels dapat membuat tubuh wanita menjadi terlihat lebih menarik. Pada perkembangannya kini, sepatu jenis ini menjadi populer digunakan oleh wanita saja dan tidak disukai pria. 

Dan pada saat ini high heels memang sudah tidak lagi menjadi penanda status sosial pria seperti pada masa lalu. Pemirsa beritaterbaru.id begitu unik yah sejarah sepatu High Heels yang ternyata awalnya dipakai oleh Pria. Mungkin bagi anda khususnya pembaca wanita, banyak yang belum mengetahui tentang fakta unik tersebut, tapi jangan sedih anda tidak sendirian, karena saya juga baru tahu hehehe.

...