Monday, October 26, 2015

Pablo Escobar Bos Kartel Narkoba Terkaya di Dunia

Semua orang pasti mengenal sosok satu pria ini. Yup dia adalah bos kartel narkoba terkaya dan terbesar di seluruh dunia. Pablo Escobar lahir pada 1 Desember 1949 yang merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ayahnya sebenarnya hanya sebatas petani biasa yang miskin. Pablo Escobar memulai karier kriminalnya dengan menjadi seorang pencuri mobil hingga beberapa terlibat kasus penculikan.

Tepatnya mulai tahun 1970, Escobar memulai usaha bisnis narkoba terlarang. Saat itu usahanya dimulai dengan membeli kokain dari Bolivia dan Peru, lalu dia sebarkan ke kawasan Amerika Serikat.  Pada tahun 1975, seorang bos kartel narkoba asal Medellin terbunuh, dia adalah Fabio Restepo. Dalang dari pembunuhan ini adalah Pablo Escobar. Setelah bos besar tersebut terbunuh, kini Escobar mengambil alih kekuasaan besarnya tersebut.

Rise and Power, Pablo Escobar Bos Kartel Narkoba Terkaya di Dunia

Pablo Escobar Bos Kartel Narkoba Terkaya di Dunia

Sejarah Pablo Escobar dimulai pada tahun 1982, ketika Escobar secara mengejutkan terpilih menjadi anggota kongres di Kolombia. Dengan masuknya ke ranah pemerintahan inilah pria tersebut semakin leluasa memperluas usaha narkobanya. Bagi rakyat yang tidak mengikuti kebijakan dari Escobar, maka akan berakhir dalam kantung mayat. Entah berapa banyak orang yang telah menjadi korban dari Escobar, namun diperkirakan mencapai ribuan jumlahnya.

Tidak cukup hanya rakyat saja yang menjadi korban, para polisi dan hakim pun juga takut ketika ingin mengadiri Pablo Escobar. Telah ada banyak sekali kasus peradilan yang digelar untuk menghukum pria tersebut. Bahkan pernah terjadi ketika Escobar akan dieksekusi mati, bom meledak dan membuat para hakim dan eksekutor menjadi tewas.

Meskipun Escobar merupakan bos kartel narkoba, tetapi di hati masyarakat Medelin pria satu ini bak robin hood yang selalu menolong para rakyat. Semua orang di kawasan tersebut sangat menghormati Pablo Escobar, bahkan para penduduknya sepakat untuk berani melawan pemerintahan demi membela Pablo Escobar. Hati masyarakat terhipnotis karena Escobar selalu memberikan hartanya kepada mereka. 
La Catredal Prison


Tidak ada yang berani menangkap Pablo Escobar bahkan pemerintah Kolombia sekalipun. Berbagai pengejaran telah dilakukan, tetapi pria tersebut telah berhasil melarikan diri. Pernah ada sebuah kejadian, pada saat itu ada 60 polisi yang sebenarnya sudah mengepung Escobar, namun tidak ada satupun dari mereka yang berani menangkap pria tersebut. Hingga akhirnya Pablo Escobar pun lolos dari kejaran mereka.

Escobar akhirnya ketakutan setelah Amerika Serikat menyatakan akan turun tangan membantu penangkapan. Pria tersebut takut karena AS memiliki organisasi anti narkoba yang cukup ganas yakni DEA.  Akhirnya Escobar pun menyerahkan diri untuk ditangkap dan diadili, namun dengan syarat penjaranya harus sesuai permintaan. Penjara Escobar tergolong paling istimewa dari pada lainnya, penjara inilah yang disebut dengan La Catredal Prison.

Keterlibatan Amerika Campur Tangan

Pada Juli 1992, pemerintah Kolombia pun dibuat geram lagi oleh ulah dari Pablo Escobar. Meskipun dia dipenjara, tetapi bisnis narkobanya masih berjalan dengan baik melalui para anak-anak buahnya. Kemudian muncul pemikiran untuk memindahkan Escobar dari sana. Mengetahui akan hal tersebut, adiknya kemudian membantu membebaskan kakaknya tersebut dari penjara, pengejaran pun berlanjut.

Sejarah Pablo Escobar

Melihat akan hal tersebut tak tanggung-tanggung Amerika Serikat pun melatih para pasukan elite yang berasal dari Navy Seal dan Delta Force untuk menangkap bos kartel narkoba tersebut di Medellin. Peperangan pun terjadi, Escobar terkena tembakan pada bagian kaki dan beberapa tubuhnya diatas atap. Seketika itu juga Pablo Escobar meninggal, dia meninggal tepat satu hari setelah ulang tahunnya yakni 2 Desember 1992.

Pemakaman pun dihadiri banyak sekali rekan-rekan dari Escobar. Menariknya, masyarakat Medellin masih menganggap Escobar sebagai seorang pria layaknya seorang robin hood yang selalu menolong rakyat kecil. itulah sedikit cerita singkat mengenai sejarah Pablo Escobar bos kartel narkoba terkaya paling terbesar dan terkenal di seluruh dunia. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pablo Escobar Bos Kartel Narkoba Terkaya di Dunia