Mitos Salah Sarapan Pagi yang Masih Dipercaya Orang

Kita semua tahu betapa pentingnya menyempatkan diri untuk sarapan makan pagi ketika akan memulai segala aktivitas sehari-hari. Pengetahuan ini bukan hanya didapatkan ketika kita dewasa saja. Ingatkah anda saat masih kecil dulu dimana ibu guru selalu mengajarkan agar kita selalu makan sebelum berangkat sekolah, tentunya dengan menu 4 sehat 5 sempurna.  

Namun dalam kenyataannya masih banyak sekali mitos-mitos salah tentang sarapan yang sampai kini masih saja dipercaya orang dan itu semua tidak pernah terbukti kebenarannya dan entah kenapa sampai sekarang masih banyak yang meyakininya. Pemirsa beritaterbaru.id kali ini kami akan menyajikan artikel tentang 4 mitos salah sarapan pagi yang masih dipercaya orang. Semoga dengan informasi yang kami sajikan membuat anda lebih mengerti manfaat sesungguhnya dari sarapan pagi.

1.  Benarkah Sarapan Pagi harus  Mengandung  Karbohidrat

Karbohidrat  memang penting  dan salah satu unsur yang terdapat dalam 4 sehat 5 sempurna.  Dan sampai kini pun Karbohidrat tetap menjadi primadona ketika sarapan sebab dianggap sebagai sumber energi. Tahukah anda anggapan ini tidak salah dan cukup benar, namun bukan berarti setiap sarapan anda harus selalu mengonsumsi karbohidrat. 

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh  American Heart Association terdapat penjelasan bahwa asupan tinggi karbohidrat seperti kue, bolu, roti dan sejenisnya berpotensi mengandung kadar gula yang besar. Konsumsi gula dan karbohidrat yang besar akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, dan berisiko tinggi bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Mitos Salah Sarapan Pagi yang Masih Dipercaya Orang

Jadi apakah karbohidrat itu benar-benar penting dan tidak berdampak buruk pada kesehatan kita, bila kita terus meyakini setiap sarapan harus mengandung karbohidrat seperti kata orang?  

Begini penjelasannya! solusinya adalah bijaklah dan cerdas dalam mengkonsumsi makanan/minuman yang berkabohidrat ketika sarapan pagi. Contohnya jika kita senang memulai sarapan pagi dengan membuat roti hindarilah pemanis tambahan dari selai. Jadi, intinya jangan mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung karbohidrat secara berlebihan.

2. Sengaja Sarapan sedikit

Harus diakui memang terlalu banyak konsumsi karbohidrat saat sarapan memang tidak baik tapi jangan itu dijadikan alas an dan jangan sampai Anda mengurangi menu sarapan sehingga menjadi tidak bermakna alias kekurangan gizi.

Tahukah anda? Fakta bahwa manfaat sarapan pagi dengan yogurt dan buah tidak akan memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein Anda sepanjang anda beraktifitas satu hari.  Inilah sebab mengapa sarapan yang terlalu sedikit juga akan memancing nafsu makan yang lebih besar saat menjelang makan siang dan makan malam. 

Oleh karena itu coba seimbangkan menu sarapan Anda dengan protein, lemak sehat dan karbhidrat. Omelet isi sayuran merupakan alternatif menu sarapan yang seimbang.
3. Tak sarapan pagi untuk kurangi kalori

Sengaja tak sarapan pagi hanya untuk mengurangi kalori? Waduh ini mitos salah sarapan pagi paling sesat tapi anehnya masih banyak dipercaya orang.  Menghitung kalori menjadi elemen paling penting dalam diet sehat.  Mungkin karena alasan tersebut, banyak orang yang sengaja melewatkan sarapan agar asupan kalori dalam sehari tak melebihi anjuran. 

Padahal hal ini terbukti tidak benar. Tidak sarapan memang akan mengurangi jumlah asupan kalori. Meski begitu, hal ini malah memicu otak untuk mencari asupan kalori yang berlebihan saat makan siang. Orang akan lebih tergoda dengan makanan yang tinggi kalori dan lemak dan akhirnya malah melebihi asupan kalori yang dianjurkan.

Jadi untuk mencari Solusi yang paling baik, carilah menu sarapan yang tidak mengandung kalori tinggi. Energy bar, buah atau sereal merupakan alternatif sarapan yang baik.

4. Katanya makan Buah saat sarapan pagi tak penting

Itu kan katanya! Entah kata siapa yang mula-mula mengajarkan mitos salah ini. Banyak yang menganggap asal sarapan dengan menu sehat, konsumsi buah atau sayuran tak lagi diperlukan. Padahal menurut pakar kesehatan yang berasal dari Better Health Foundation, dirinya mengatakan anggapan ini tidak ada kebenarannya sama sekali ditinjau dari segi medis kesehatan. Anda perlu mengetahui asupan utama dari buah adalah kandungan vitamin dan serat. Kebutuhan vitamin dan serat tak bisa dipenuhi hanya dari menu makanan anda saja, termasuk minuman-minuman serat yang dapat dibeli bebas. 

Jadi sempatkanlah anda untuk makan buah minimal dalam sehari 1 buah saja karena bukan hanya membuat tubuh sehat tapi juga  menjaga fungsi usus-usus didalam perut anda semakin optimal dalam bekerja.  Bila anda kurang menyukai buah salah satu solusinya mengganti dengan sayuran omelet saat sarapan pagi.  

Pemirsa beritaterbaru.id kesehatan jauh lebih berharga diatas apapun, untuk itulah kita harus senantiasa menjaganya. Bukankan mencegah jauh lebih baik dari mengobati? Kiranya artikel kesehatan tentang 4 mitos salah sarapan pagi yang masih dipercaya orang membuat anda lebih yakin dan semakin cerdas agar tak lagi percaya dengan mitos tersebut. 

...