Inilah yang Terjadi pada Manusia Setelah Mati


“Setiap yang bernyawa pasti akan mati” itulah yang dikatakan tuhan agar manusia bisa memanfaatkan hidupnya sebaik mungkin. Pada umumnya semua manusia takut akan kematian, akan tetapi ada juga beberapa orang yang tidak merisaukan akan datangnya kematian. Namun apakah anda tahu apa yang terjadi setelah manusia meninggal?

Seorang guru yoga bernama Genny Wilkson-Priest mencoba menjelaskan apa yang akan terjadi pada tubuh manusia setelah meninggal. Genny mengungkapkan “Apa yang saya perhatikan pertama-tama adalah warna otot, cokelat cerah membusuk. Tulang, sebaliknya, cukup berkilau,”
Genny juga menjelaskan secara mendetail apa yang terjadi pada tubuh manusia pada saat sudah tidak lagi bernyawa:

Tubuh menjadi dingin
Pada saat jantung berhenti berdetak, maka suhu tubuh akan menurun hingga mencapai suhu pada ruangan dimana jasad itu berada. Peristiwa semacam ini disebut Algor Mortis.

Rigos Mortis

Rigos Mortis adalah keadaan dimana jantung tidak lagi memompa darah, sehingga darah menjadi menggumpal pada pembuluh darah arteri dan pembuluh darah kapiler. Hal ini lah yang menyebabkan tubuh menjadi kaku.

Dekomposisi
Yaitu proses pembusukan pada tubuh yang dilakukan oleh bakteri.

Warna
Awalnya tubuh akan berubah menjadi hijau, kemudian ungu dan pada akhirnya tubuh akan berubah menjadi hitam.

Bau
Tubuh yang telah membusuk akan mengeluarkan bau menyengat seperti bau telur yang busuk atau seperti bau gas belerang

Kembung
Gas yang menumpuk dalam tubuh menyebabkan jasad menjadi kembung, bola mata keluar dan lidah keluar dari mulutnya.

Melepuh
Seminggu setelah kematian, kulit akan merapuh dan melepuh. Dan ketika kematian sudah melewati waktu satu bulan, kuku dan rambut akan rontok, organ-organ tubuh akan mencair, mengembang dan akhirnya akan meledak. Setelah itu tidak tersisa lagi apa-apa kecuali kerangkanya.

Itulah yang terjadi pada tubuh seseorang setelah dia meninggal. Sebenarnya bukan kematian itu yang harus kita takuti, tetapi pertanggung jawaban atas kesalahan dan dosa-dosa kita lah yang seharusnya kita takuti. Semoga pembahasan singkat ini bisa menyadarkan kita pada tujuan utama hidup kita di dunia ini.
...