Cara mengobati penyakit herpes



Cara mengobati penyakit herpes – Penyakit herpes adalah salah satu jenis penyakit yang menular.  Selain mudah menular, herpes juga merupakan jenis penyakit yang berbahaya karena ruam yang ditimbulkan oleh herpes membuat kulit terasa panas seperti terbakar.

Tata cara mengobati penyakit herpes

Herpes merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus Vasela-Zoster. Selain menyebabkan rasa sakit pada permukaan kulit, bekas penyakit herpes pada kulit menjadi koreng. Hal ini tentunya akan menggangu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri kita.

Sebenarnya para ahli medis belum menemukan cara pengobatan yang tepat guna mengobati penyakit herpes. Langkah pengobatan medis dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir gejala yang timbul akibat penyakit herpes. Selain itu, tujuan pengobatan juga untuk membantu mempercepat proses penyembuhan serta mencegah terjadinya komplikasi pada kulit yang terserang herpes.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit herpes adalah sebagai berikut :


  • Menjaga gelembung-gelembung yang berisi air agar tidak pecah.
  • Menaburkan bedak talk sesering mungkin pada bagian tubuh yang terdapat ruam dan pada bagian kulit yang terserang herpes.
  • Sebagai pengobatan herbal, daun sangjo juga terbukti bisa mempercepat proses penyembuhan herpes. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun sangjo, lalu mengoleskan pada bagian kulit yang terserang herpes.
  • Selalu menjaga kebersihan badan.
  • Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti parasetamol dan jenis obat-obatan pereda nyeri lainnya.

Tips mencegah penyakit herpes

Ada beberapa tips untuk mencegah penularan penyakit herpes. Salah satu caranya adalah dengan memberikan tubuh anti-virus vasela-zoster dan cacar air. Memang dengan memberikan anti virus tersebut juga tidak bisa menjamin 100% terhindar dari serangan penyakit herpes, namun setidaknya resiko penularan penyakit herpes menjadi lebih kecil jika memberikan anti virus tersebut pada tubuh.

Selain dengan cara memberikan anti virus. Agar seseorang terhindar dari penularan penyakit herpes sebaiknya tidak menggunakan barang-barang pribadi milik orang lain seperti handuk, sabun mandi, celana dalam dan barang-barang pribadi yang lainnya.

Nah itulah ulasan kita mengenai cara mengobati penyakit herpes. Semoga uraian singkat di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


...