Beberapa penyebab dan gejala penyakit hipertensi



Hipertensi (darah tinggi) merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat modern. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya menderita penyakit ini, dan yang lebih parah lagi, kebanyakan orang mengacuhkan penyakit hipertensi yang dideritanya tanpa ada usaha untuk mengobatinya.

Hal-hal yang menjadi penyebab penyakit hipertensi dan gejala yang ditimbulkannya
Kebanyakan orang menyepelekan penyakit hipertensi padahal sebenarnya, hipertensi adalah salah satu penyakit berbahaya apabila tidak ditangani dengan serius. Bahkan, hipertensi juga disebut sebagai penyakit “silent killer” atau penyakit yang dapat membunuh seseorang secara perlahan.

Penyebab penyakit hipertensi
Penyakit hipertensi dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu:

Hipertensi primer
Hipertensi primer disebut juga dengan sebutan penyakit hipertensi essensial. Penyakit jenis ini biasanya akan berkembang dengan perlahan, sehingga banyak orang yang tidak menyadari gejala dari penyakit ini. Sayangnya dunia medis tidak mengetahui secara pasti apa yang menjadi sebab seseorang terkena penyakit hipertensi primer.

Hipertensi Sekunder
Penyakit hipertensi sekunder biasanya muncul secara tiba-tiba, kemunculannya akan menyebabkan tekanan darah tinggi, bahkan melebihi tekanan hipertensi primer. Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya hipertensi sekunder, antara lain:

Memiliki kelebihan berat bada, obesitas
Faktor genetika
Mengidap penyakit gula
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin-asin
Kekurangan vitamin D
Kurang melakuka olah raga
Karena faktor usia

Penyakit Hipertensi umumnya diderita oleh orang dewasa, namun tak jarang anak-anak juga terjangkit oleh penyakit ini, salah satu sebabnya adalah karena ada kelainan pada jantung maupun hati.

Gejala penyakit Hipertensi
Seseorang yang mengidap penyakit hipertensi biasanya akan menunjukan beberapa gejala. Apa saja gejala yang ditimbulkannya, berikut uraiannya:

•    Sering mengalami sakit kepala
•    Kelelahan
•    Menderita penyakit vertigo
•    Jantung terasa berdetak cepat
•    Pada saat bangun tidur, kepala akan terasa pusing

Selain dari gejala-gejala di atas, ada pula gejala lainnya yang memicu terjadinya hipertensi. Maka dari itu, kita harus memerikasakan kesehatan kita secara rutin. Hal ini sangat penting dilkukan agar anda bisa mengerahui degan tepat dan tepat.

Nah, itulah ulasan kita mengenai beberapa tis dantrik beberapa penyebab dan gejala yang di timbulkan oleh orang uannya. Semoga ulasan singkat ini bisa ebermanfaat untuk anda.
...