10 Alasan Donor Darah Membuat Tubuh Sehat dan Banyak Untungnya

Pendonor darah adalah pahlawan sebab ia perduli akan nasib orang lain terlebih jika seseorang yang akan ditolong dalam keadaan sekarat dan benar-benar membutuhkan sumbangan darah, bukankah secara tidak langsung sang pendonor telah menyelamatkan nyawa orang tersebut? Dan banyak hal kebaikan yang didapat dari seorang pendonor darah, bukan hanya amal ataupun pahala saja tapi juga mendapat kesehatan yang baik. Alasan ini bukan tidak beralasan sebab menurut kedokteran medis seseorang yang rajin mendonorkan darahnya akan membuat kesehatannya selalu optimal dan terhindar dari segala macam penyakit serta kebiasaan-kebiasaan buruk. Lebih jelasnya lihat berikut ini, 10 alasan Donor Darah membuat Tubuh Sehat dan banyak untungnya untuk Kesehatan.

1. Bisa Check Up Gratis Kesehatan

Anda mau mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan secara Gratis? Donorkan saja darah anda, sebab seseorang yang berniat untuk mendonorkan darahnya tidak bisa sembarangan untuk diambil darahnya harus melewati proses pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi tubuhnya sedang benar-benar prima ataupun sehat. Jadi, kita mendapatkan pemeriksaan gratis cuma-cuma dari dokter ataupun tenaga ahli medis PMI. Sehingga kita pun tahu bagaimana tekanan darah kita, kadar hemoglobin hingga berat badan ketika sedang menjalani pemeriksaan. Ditambah lagi anda dapat mengetahui seberapa sehat tubuh anda dan apakah mempunyai potensi penyakit yang tersembunyi.

10 Alasan Donor Darah Membuat Tubuh Sehat dan Banyak Untungnya

Hal ini sangat bermanfaat sekali sebagai tindakan pencegahan (deteksi dini) sebelum penyakit tersebut datang. Jadi tunggu apalagi, tak perlu takut untuk menjadi seorang pendonor dengan alasan-alasan klise seperti takut kekurangan darah ataupun kehabisan darah. Sebab sel darah merah akan selalu baru tercipta, ini semua karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Luar biasa bukan!

2. Meninggalkan Kebiasaan Buruk atau Pola Hidup yang Tak Sehat

Saat anda berniat menyumbangkan darah kepada orang lain sudah pasti anda ingin memberikan kualitas yang terbaik bukan? Nah Percaya atau Tidak, donor darah mampu membantu Anda dalam mengubah gaya hidup terutama yang berkaitan dengan kebiasaan merokok dan makan tidak sehat. Hal ini disebabkan karena Anda pasti ingin menyumbangkan darah yang sehat dan mengubah kebiasaan buruk tersebut artinya sudah jelas sangat menguntungkan Anda dan terbukti benar bukan bahwa "donor darah membuat tubuh sehat".

3. Tak hanya Sehat tapi juga Melindungi jantung

Seorang pendonor darah aktif sudah pasti memiliki jantung yang jauh lebih sehat dibandingkan orang yang tidak pernah mendonorkan darahnya. Dalam sebuah dokumentasi American Journal of Epidemology membeberkan hasil ilmiah dari hal tersebut. Penelitian membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Tak hanya itu, mereka pun mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

Dan tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung. Terbukti bukan, perbuatan mulia ini tak hanya bermanfaat bagi sang penerima saja, tapi juga untuk kesehatan anda!

4. Tingkat Penurunan Rata-rata Resiko Terkena Kanker

Konsistensi melakukan donor darah harus tetap dipertahankan, mengingat tubuh akan selalu merasakan manfaatnya. Untuk seorang pria, lakukanlah donor darah setiap 3 bulan sekali, sedangkan untuk wanita, Anda bisa melakukannya 4 bulan sekali. Resiko terkena kanker akan semakin menurun seiring tingkat konsisten si pendonor darah bersangkutan. Mereka mungkin saja terhindar dari kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan juga usus besar. Lihat juga Manfaat Stem Cell Pengobatan Terbaru Sel Punca.

5. Mengurangi kadar level zat besi dalam darah

Iron adalah zat besi yang terdapat di dalam sirkulasi darah setiap orang. Setiap kali seseorang melakukan donor darah, kegiatan ini terbukti menurunkan level iron di dalam tubuh. Penurunan zat besi berarti mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya. Manfaat zat besi diketahui mempercepat proses oksidasi kolesterol di dalam tubuh manusia. Hal inilah yang berdampak tidak baik bagi arteri dan berdampak terjadinya aterosklerosis.

6. Sel-sel darah Merah selalu baru, segar dan sehat

manfaat donor darah untuk kesehatan

Tubuh secara berkala akan memperbaharui sel-sel darah di dalamnya. Hanya saja proses ini ternyata berbeda antara seseorang yang melakukan donor darah dan tidak. Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru. Setidaknya 4 hingga 8 minggu ke depan, sel darah baru telah terbentuk dan membantu fungsi setiap organ. Dengan begini, tubuh akan terlihat jauh lebih segar dan sehat serta produktif melakukan berbagai aktivitas.

7. Mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis

Ketika Anda melakukan donor darah, maka sample darah yang Anda miliki akan diperiksa di laboratorium. Hal ini guna mengetahui apakah Anda mengalami penyakit tertentu atau tidak. Cara ini bisa pula digunakan untuk mendeteksi penyakit seperti sifilis, HIV, hepatitis atau penyakit lainnya. Langkah ini untuk memastikan apakah Anda memenuhi syarat menjadi pendonor darah atau tidak. Pasalnya penyakit menular tersebut akan menular menlalui transfusi darah yang dilakukan oleh penerima.

8. Program Membakar kalori paling Sehat

Banyak wanita yang ingin memiliki tubuh ideal, namun sulit melakukan diet. Mengingat begitu banyak diet ekstrim yang malah berakibat fatal, cobalah melakukan donor darah. Setiap kali melakukan donor darah (500 ml), Anda akan membakar 650 kalori di dalam tubuh. University of California mengatakan bahwa seseorang yang rutin menyumbangkan darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan. Bila berat tubuh ideal, pastinya kulit Anda pun akan terlihat kencang seketika. Namun, jangan sesekali menjadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan.

9. Keadaan psikologis lebih stabil

Setiap pendonor pastinya akan merasakan dampak yang menyehatkan bagi pikiran mereka. Pasalnya mereka akan lebih berpikiran jernih dan stabil dalam menyikapi berbagai masalah. Di samping itu, banyak pendonor yang merasakan kemampuan mereka menekan tingkat stress semakin membaik. Hal tersebut pastinya berdampak pada kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan dan masalah yang dihadapi. Dan ini berarti menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. 

10. Sebagai Anti Aging atau Mencegah penuaan dini

Mungkin anda bertanya apa hubungannya penuaan dini dengan donor darah? Jadi begini, Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Tak ada seorang wanita pun yang ingin terlihat tua dan keriput di wajah. Melakukan donor darah secara teratur akan membantu kulit Anda beregenerasi secara sempurna. Keriput pun tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang.

Tak perlu mahal-mahal melakukan perawatan kecantikan di pusat kecantikan, Anda pun bisa mendapatkannya dengan menjadi seorang pendonor darah. Bukan hanya cantik saja, tapi sehat dan amal baik pastinya juga akan anda miliki. Pemirsa beritaterbaru.id, semoga setelah membaca artikel kesehatan 10 alasan donor darah membuat tubuh sehat dan banyak untungnya ini, membuat hati anda tergerak untuk ikut menjadi seorang pendonor darah.

...