Video Tragedi Lempar Jumrah di Mina, Arab Saudi

Lebih dari 717 Jamaah dinyatakan meninggal sementara 805 orang lainya mengalami cedera luka berat dalam Tragedi Lempar Jumrah di Mina, Arab Saudi. Mayoritas korban kebanyakan berasal dari Mesir dan negara-negara wilayah Afrika, sementara warga negara Indonesia yang meninggal sampai berita ini diturunkan baru diketahui 3 orang. 

Salah seorang saksi Jemaah Haji yang juga berada di lokasi kejadian sempat merekam video tragedi lempar jumrah di Mina Arab Saudi pada Kamis (24/9/2015) kemarin. Meskipun video itu direkam secara amatiran setidaknya dapat menggambarkan suasana yang sedang terjadi disana.  Munsif TV, stasiun televisi berbahasa Urdu yang berada di New Delhi, India, dan laman Youtube juga mengunggah rekaman video amatiran tersebut. 

Video Tragedi Lempar Jumrah di Mina, Arab Saudi

Kronologi Tragedi Lempar Jumrah di Mina Hingga Jamaah Tewas karna Saling Injak

Matahari mulai tinggi di kawasan Mina. Ribuan jamaah dari pelbagai negara menyemut di Jalan Arab 204 yang menjadi salah satu rute utama menuju jamaraat, tempat jamaah haji melempar batu dalam prosesi jumrah di Ula dan Wusta. Mereka semua ingin mengejar waktu terbaik melempar jumrah.

Di tengah-tengah barisan yang bergerak pukul 07.00 waktu setempat itu, paling banyak jamaah perempuan dan manula. Waktu kejadian adalah momen paling diminati jamaah haji untuk melempar batu ke jumrah, karena disebut-sebut paling afdal.

Saat kondisi teramat padat itulah, sekelompok jamaah paling depan tiba-tiba berhenti. Terjadi penumpukan berujung pada desak-desakan.Beberapa orang jatuh dari jembatan di tengah jalur 204, memicu kepanikan massal. 'Saat saling dorong dan injak itulah banyak perempuan dan orang tua jadi korban," kata Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat dalam jumpa pers, Kamis (24/9).

Di sisi lain, korban jamaah Indonesia diperkirakan tidak akan besar. Jalur menuju lokasi jumroh yang biasa digunakan jamaah haji asal Tanah Air adalah Jalan King Fahd. 'Kalau jamaah kita kan melewati Terowongan Muasyir," kata Arsyad. Dibawah ini kami sertakan rekaman video amatir dari seorang Jamaah yang berada di tempat lokasi kejadian.

Video Tragedi Lempar Jumrah di Mina, Arab Saudi




...