Inilah 9 Mobil yang Bisa Nyetir Sendiri di Jalanan

Inilah 9 mobil yang bisa nyetir sendiri di jalanan dan bukanlah hanya sebuah wacana, tetapi sudah berhasil diciptakan oleh para produsen mobil bekerjasama dengan para Insinyur dan teknisi mobil terkemuka. Sistem autonomous driving (auto pilot) seperti teknologi yang digunakan pada kendali pesawat terbang bisa dibilang terobosan baru dalam kemajuan teknologi pengembang mobil. Bahkan salah satu produsen mobil meng klaim, mobil modifikasi canggih ini akan siap untuk diproduksi secara massal pada tahun 2017 nanti. Tak hanya para produsen mobil, Google dan Apple pun ikut andil dengan menciptakan mobil tanpa awak pada pertengahan 2015 kemarin.

Mengutip dari blog kejadiananeh.com, Sayangnya regulasi (peraturan), tingkat kepercayaan masyarakat dan faktor harga yang mahalnya selangit seringkali berbenturan dengan kemajuan teknologi. Dimulai dari keraguan masyarakat yang menanyakan penggunaannya di jalan raya, apakah benar-benar aman dan tidak membahayakan keselamatan para pengguna jalan yang lain? Dan masyarakat manakah yang sanggup membelinya bila para produsen modifikasi mobil berjalan sendiri ini tidak memikir ulang agar menggunakan bahan pembuatan yang jauh lebih murah sehingga dapat menekan angka penjualan ke masyarakat. Sahabat kejadiananeh.com, seperti apakah 9 Mobil yang Bisa Nyetir Sendiri di Jalanan ini! Berikut selengkapnya:

1. Mobil BMW Seri 2 dan Seri 6 Coupe

Inilah 9 Mobil yang Bisa Nyetir Sendiri di Jalanan

Tekhnologi Active Assist yang ditanam dalam mobil BMW seri 2 dan 6 ini tak dapat diremehkan. Saat uji coba kedua mobil tanpa sopir ini dapat melewati jalanan ekstrim seperti berjalan zig zag dan menghindari rintangan  dan hambatan jalan. Terlebih sensor ultrasonik, kamera radar 360 derajat juga difungsikan ke dalam mobil canggih BMW ini.

2. New XC90 buatan Volvo


Lebih dari 100 unit tipe mobil New XC90 akan dijual bebas untuk umum pada tahun 2017 nanti. Volvo sebagai produsen mobil dari Swedia ini telah melakukan uji coba sejak 2013 kemarin. Mobil yang diberikan nama Drive Me ini sudah dilengkapi sensor canggih dengan jarak pandang 360 derajat untuk melihat suasana di sekelilingnya saat berinteraksi di jalan tol, di kemacetan lalu lintas bahkan dapat merekam aktifitas luar ketika dalam keadaan darurat ataupun gangguan yang tak terduga.

3. Renault Next Two


Tak perlu menggunakan jasa valet parking saat anda datang ke Mall ataupun Hotel. Percayakan saja pada Renault Nex Two buatan Produsen mobil Renault ini. Dengan sensor pendeteksi  yang berada dibagian depan dan belakang bemper mobil serta kamera dan ultrasound yang dapat melihat sekeliling, ia mampu memarkirkan dirinya sendiri dengan rapih. Hebatnya lagi! saat anda selesai berbelanja, dia dapat dipanggil untuk menjemput anda hanya dengan menggunakan panggilan Handphone. 

4. Mobil Tanpa Sopir ciptaan Google


Seakan tak mau ketinggalan tekhnologi dengan para produsen mobil, perusahaan raksasa pencarian internet ini juga menciptakan "mobil tanpa pengemudi" yang diberikan merk nama Google Self-Driving Car. Dalam uji coba dengan menempuh perjalanan lebih dari 2,7 km dengan kecepatan 45 km/jam google mengklaim mobil tanpa supir ciptaannya hanya mengalami kecelakaan ringan sebanyak 11 kali itupun akibat ditabrak ataupun diserempet oleh mobil lain.

5. Driverless Nissan Leaf


Untuk membuat satu buah unit mobil yang bisa berjalan sendiri , tampaknya Nissan Produsen mobil asal Jepang ini hanya memerlukan ongkos produksi yang sangat irit, yakni 5 ribu pounds atau bila dirupiahkan kurang lebih 70 jutaan. Proyek kerjasama dengan perguruan tinggi terkenal di dunia yaitu Universitas Oxford dan Stanford ini kabarnya akan siap dipasarkan pada tahun 2020 mendatang. Berbeda dengan tekhnologi Driverless lainnya yang rata-rata menggunakan GPS, Nissan Leaf menggunakan sistem alat perekam jalan yang sering dilalui pengemudi. Tentunya untuk pertama kali harus dikendalikan secara manual oleh sang pemilik.

6. Test Drive Pods, Mobil Auto Pilot Di Inggris


Pada 11 Februari 2015 kemarin pemerintah Inggris melakukan test drive jalanan pertama kalinya, Mobil Autopilot yang diberi nama Pods. Dengan menggandeng kerjasama Produsen Mobil Ford, pemerintah inggris menginvestasikan uang sebanyak 374 milliar rupiah demi terealisasinya mobil masa depan yang memiliki akurasi keselamatan tinggi. Dan diharapkan Pods akan siap untuk dipasarkan pada 2030 nanti. Baca juga Bloodhound SSC, Rekor Terbaru Mobil Tercepat Dunia.

7. Audi A7 Autonomous Car


Persis seperti sistem otomatis navigasi dalam pesawat, Mobil Audi A7 Autonomous ini bisa berjalan sendiri selain dikendalikan secara manual. Sang pengemudi cukup mengatur perintah arah tujuan hanya dengan menggunakan Smartphone canggih iPhone kemudian dapat ditinggal tidur atau melakukan aktifitas lainnya. Kabarnya mobil Audi A7 ini sudah mendapat ijin dari pemerintah Nevada, Amerika Serikat untuk penggunaan di jalan umum.

8. Ford Mondeo Hybrid


Dengan sensor canggih Fusion dan pemetaan gambar 3 Dimensi, Mobil Ford Mondeo Hybrid ini mampu untuk mengetahui objek yang berada di sekitarnya seperti binatang, pejalan kaki dan pengguna kendaraan lainnya. Keberhasilan Mobil Ford Mondeo Hybrid ini tak lepas dari peranan Universitas Michigan yang dimintai kerjasama oleh Perusahaan Ford selaku Produsen Mobil Amerika Serikat.

9. Uji Coba Apple Inc

Mobil yang Bisa Nyetir Sendiri di Jalanan

Sahabat kejadiananeh.com tak banyak berita dari Apple, perusahaan multinasional yang bergerak di bidang komputer, software elektronik dan selular. Namun dikabarkan Produsen terkenal iPhone ini telah menyiapkan dana besar-besaran untuk proyek mobil canggih yang bisa jalan sendiri. Dengan mengusung teknologi penggerak eletrik serta fitur konektivitas mobil yang diberi nama Titan akan segera di uji coba dan diperkenalkan kepada publik. Nah kapan yah Mobil-mobil yang bisa nyetir sendiri di jalanan ini juga bisa hadir di Indonesia?

Referensi Artikel

...